Selasa, 12 Maret 2013

perkembangan pendidikan


Dalam tulisan ini saya akan membahas tentang perkembangan pendidikan Indonesia. Sebelumnya pendidikan itu sangat penting untuk semua orang, kita mendapatkan pendidikan dari usia dini sampai tua pun kita tetap akan memerlukan pendidikan.

Menurut saya perkembangan pendidikan dimulai dari masa pemerintahan kolonial Belanda. Contohnya ketika ada sekolah STOVIA didirikan sekolah itu untuk kalangan-kalangan tertentu rakyat biasa tidak dapat bersekolah disitu, karena biaya bersekolah yang cukup mahal maka banyak juga rakyat biasa yang juga ikut mendirikan sekolah dengan gratis. Tujuan mereka mendirikan sekolah yang gratis agar rakyat tidak tertinggal dalam pendidikan. Dan biasanya sekolah itu diisi oleh murid laki-laki bukan perempuan karena jaman dahulu perempuan dianggap jika besar akan bekerja dirumah saja alias ibu rumah tangga. Melihat kenyataan ini R.A.Kartini salah satu pahlawan wanita kita mendirikan sekolah untuk perempuan agar mereka meraih pendidikan setara dengan kaum pria.

Dari tahun ketahun perkembangan pendidikan semakin berubah kearah yang lebih baik. Dari jaman dahulu yang hanya kalangan tertentu saja yang mendapatkan pendidikan yang layak, kini semua kalangan juga dapat menikmati pendidikan yang layak. Untuk rakyat yang kurang mampu banyak ditawarkan beasiswa dan ada program SPP gratis juga.

Tetapi sepertinya banyak rakyat yang tetap saja tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Misalnya ada SPP gratis, memang tidak perlu membayar uang sekolah lagi tetapi mereka tetap harus memabayar uang buku.

Perbedaan pendidikan jaman dahulu dan sekarang adalah. Jaman dahulu jika kita mau mendapatkan materi tentang pendidikan kita harus mencari buku di perpustakan sekarang jika kita ingin mencari bisa dengan mudah di dapatkan dari internet, dulu kita menulis di papan tulis dengan kapur tulis sekarang kita dapat memakai spidol. Maka dari itu pada masa kemasa perkembangan pendidikan di Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan yang pesat.

0 komentar: